HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Minahasa Tenggara

24 January 2015

90 Persen Penduduk Usia Kerja Telah Bekerja


Ratahan, KOMENTAR
Jumlah penduduk di Ka-bupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang tercatat berada di usia kerja, cukup besar. Po-sitifnya, 90 persen dari jum-lah tersebut telah mendapat-kan tempat dan terserap di lapangan pekerjaan, dan tinggal 10 persen saja di an-taranya yang menganggur. Ini merupakan hal meng-gembirakan yang sekaligus mejadi ciri semakin ber-kembangnya Kabupaten ter-sebut.
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Mitra, Drs Hans Mokat menjelaskan, jumlah penduduk usia kerja yang ada di Kabupaten Mitra ada pada angka 81.974 warga. “Dari jumlah itu, 73.393 warga di antaranya atau 90 persen sudah terserap di la-pangan pekerjaan yang ter-sedia,” katanya dalam wa-wancara dengan sejumlah wartawan, Jumat (23/01) kemarin.
Sedangkan yang belum ter-serap di lapangan pekerjaan alias masih menganggur, kata Mokat, tinggal 8.581 warga. “Artinya angka peng-angguran di Kabupaten Mi-tra tinggal 10 persen saja,” terang mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mitra tersebut.
Terhadap 10 persen warga yang masih menganggur ter-sebut, ungkap Mokat, pihak-nya terus mengupayakan sejumlah langkah, termasuk dalam koordinasi dengan instansi teknis terkait.
“Serapan tenaga kerja biasanya paling besar kalau ada investasi yang masuk. Masuknya investasi ini tentu menjadi koordinasi lintas instansi teknis. Kita di Nakertranssos lebih banyak mndorong supaya investor yang masuk ke Mitra harus lebih banyak menggunakan tenaga kerja dari Mitra,” terangnya.
Selain itu, tambah Mokat, pihaknya juga mendorong kepada warga Mitra yang berada pada usia kerja na-mun belum memiliki peker-jaan agar membekali diri de-ngan keahlian-keahlian ter-tentu supaya siap untuk ter-jun ke lapangan pekerjaan, termasuk membuka peluang bekerja di luar negeri.
“Tidak ada yang salah un-tuk bekerja di luar negeri, se-panjang diurus oleh pemerin-tah atau lembaga yang ber-kompeten dan akuntabel alias dapat dipercaya. Yang pen-ting juga adalah warga yang mau jadi tenaga kerja di luar negeri, harus memiliki keah-lian dan keterampilan sehing-ga mendapatkan pekerjaan yang layak,” pungkasnya.(ftj)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin