HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Minahasa Tenggara

05 February 2015

DPRD Gelar Paripurna Ranperda 
PemDes dan Penyertaan Modal di BS


Ratahan, KOMENTAR
DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar rapat paripurna pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dari Pemkab Mitra, Rabu (04/02) kemarin. Di mana terdapat dua Ranperda yang diajukan Pemkab Mitra kepada DPRD dalam rapat paripurna tersebut untuk dibahas dan selanjutnya disetujui bersama menjadi Perda.
Dua Ranperda yang disam-paikan tersebut adalah Ran-perda tentang Pemerintahan Desa, dan Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemkab Mitra di Bank Sulut. Rapat pari-purna ini dipimpin Ketua DPRD Drs Tavif Watuseke dan dari pemkab hadir para pejabat pe-merintahan dipimpin Wakil Bupati Ronald Kandoli. 
Semua fraksi di DPRD men-yatakan setuju dan menerima dua Ranperda ini dibahas ke tingkat selanjutnya. Usai pari-purna, Tavif menjelaskan, Ran-perda Pemerintahan Desa pen-ting untuk segera dituntaskan karena akan menjadi payung hukum di daerah terhadap pe-laksanaan Undang-undang No-mor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 
“Antara lain yang diatur dalam Perda ini adalah soal pelaksa-naan Pemilihan Hukum Tua (Pil-hut) secara serentak,” terangnya.
Menurut Tavif, DPRD akan segera melakukan pembahasan terhadap Ranperda Pemerinta-han Desa lewat Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk. 
“Pekan depan mulai kita bahas dan diharapkan tidak akan memakan waktu terlalu lama. Yang pasti rujukannya adalah UU Nomor 6 Tahun 2014 ter-sebut dan kemudian kita pertajam untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” terangnya.
Akan halnya dengan Ranper-da penyertaan modal di BS, me-nurut Tavif, juga menjadi salah satu kebutuhan bagi Kabu-paten Mitra sebagai daerah yang semakin berkembang.
“Nanti juga akan kita bica-rakan dengan pihak BS soal plus minus penyertaan modal ini, sejauh mana manfaat yang bisa diperoleh Kabupaten Mitra terkait dengan penyer-taan modal ini,” sebutnya. 
Tavif mengungkapkan, dua Ranperda ini ditargetkan sudah bisa dituntaskan pem-bahasannya pada Februari ini, sehingga akhir Februari atau awal Maret sudah bisa digelar rapat paripurna untuk penan-datanganan persetujuan ber-sama.
Untuk Pansus Ranperda pemerintahan Desa akan di-pimpin oleh Corry Kawulusan selaku Ketua, sedangkan Pan-sus Penyerataan Modal di-pimpin Kisman Hala selaku Ketua.(ftj)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin