HOME : FOOTBALL

Berita Ekonomi dan Bisnis 

11 April 2006

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Historika dan Tokoh
Bolamania Tribun

BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Selatan
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 

REDAKSI INFO.
About Us

 

KOMENTAR GROUP

(Football, Metro, Politix).

Terbit 40 Hal.  Color-BW 

Alamat ; Jl. Sam Ratulagi No.162 Manado  95111 Phone: (0431) 851030 (Hunting)  Fax (0431) 851031 (Redaksi), (0431) 850955 (Merketing)   

Dilirik Cina, PT Azravi lakukan terobosan 
Sulut Berpotensi Jadi Daerah Pengeskpor Manggis 

 

 IKUTI BERITA LAIN

LPKSM Desak Pemerintah Bentuk BPSK
Lintas Berita Ekonomi

Jika selama ini kopra, cengkih dan pala selalu menjadi primadona komoditas tanaman pertanian di Sulut, kini sudah saatnya para petani di daerah ini memberi perhatian khusus bagi tanaman manggis. Pasalnya, manggis Sulut tengah diincar pasar internasional. Hebatnya, market manggis yang dibutuhkan dari daerah ini tidak terbatas jumlahnya.
‘’Manggis Sulut lebih dimi-nati karena kita berada di daerah tropis. Manggis Sulut alamiah, tidak sama dengan Thailand yang merupakan hasil rekayasa genetik,’’ ung-kap Presdir PT Azravi, Sofjan Massie yang telah melakukan terobosan dengan melakukan ekspor manggis ke Cina. 
Karena sifatnya yang nature, permintaan manggis asal Sulut pun melimpah. ‘’Permintaan mereka (Cina) tidak terbatas, oleh sebab itu, kami sanggup menampung manggis dari-mana saja di daerah ini, serta berapapun banyaknya dengan harga kompetitif,’’ ungkap Mas-sie ketika mendampingi para investor dari Singapura dan Ci-na yang datang khusus ke Sulut untuk menjajaki potensi manggis di daerah ini. 
Namun begitu, Massie me-ngingatkan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal pemetikan sampai pada packaging (pengepakan) un-tuk tujuan ekspor. ‘’Soal tek-nis ini kami bisa memberita-hukan, silakan saja berhubu-ngan lewat PT Azravi,’’ ungkap Massie seraya menyebutkan nomor HP-nya (0811434165) jika ada yang perlu menda-patkan informasi soal ini. 
Sementara itu, kemarin (10/04), PT Azravi sendiri kedata-ngan para investor masing-masing Jenny Daniel dan Sha-wal Ibrahim dari Singapura serta Mei Ju (Cina). Selain itu ada juga staf ahli di bidang rumput laut dan tanaman manggis, David Sadikin dan Steven Gadjuli. Para pengusa-ha terkait Full Gospel Business Men’s Fellowship ini, selain menjajaki impor manggis dari Sulut, turut juga melihat per-kebunan buah-buahan PT Azravi di kawasan Jalan Sea. 
Presdir PT Azravi Sofjan Mas-sie mengatakan, saat ini pi-haknya tengah melakukan pembibitan puluhan ribu ta-naman jeruk, mangga, durian dan buah lengkeng serta manggis. Diharapkannya, Su-lut bisa menjadi salah satu daerah pengekspor buah-buahan di Indonesia bagian timur. ‘’Potensinya besar, un-tuk itu saya optimis, jika pe-merintah daerah serius, ko-moditi buah-buahan Sulut bisa maju,’’ katanya seraya menambahkan, untuk saat ini daerah Jawa Barat dan Kali-mantan Timur, di mana peme-rintah setempat telah secara serius melakukan penanaman secara massa buah ini. 
Untuk Indonesia sendiri, pu-sat penanaman manggis ter-dapat di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Barat (Jasinga, Ciamis, Wa-nayasa), Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Utara. Di Sulut sendiri hingga saat ini banyak tersebar pohon mang-gis, namun belum diolah un-tuk komoditas ekspor. 
Menurut Massie, manggis selain buahnya yang segar dan bisa disajikan sebagai bu-ah kaleng atau sirop, secara tradisional bisa mengobati sa-riawan, wasir dan luka. Di sisi lain, kulitnya bisa diman-faatkan sebagai pewarna ter-masuk untuk tekstil dan air rebusannya dimanfaatkan se-bagai obat tradisional. Se-dangkan batang pohon dipa-kai sebagai bahan bangunan, kayu bakar/kerajinan.(rik)

 
  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin