HOME : FOOTBALL

Berita Kota Manado dan Sekitarnya 

24 June 2006

 
NEWS CATEGORIES

 

KOMENTAR GROUP

(Football, Metro, Politix).

Terbit 40 Hal.  Color-BW 

Alamat ; Jl. Sam Ratulagi No.162 Manado  95111 Phone: (0431) 851030 (Hunting)  Fax (0431) 851031 (Redaksi), (0431) 850955 (Merketing) 

Potret Dunia Malam di Manado
Oleh: Yandri Kandores

 
GEMERLAP dunia malam kota Tinutuan memang menyimpan kisah tersendiri. Meski hidup di belahan timur, tetapi bukan berarti budaya barat lantas tak berpengaruh. Ingin bukti?

Bak kota metropolitan, Manado mulai menunjukkan ciri yang sama. Kota ini hampir tak ada matinya, seperti nadi yang tak berhenti berdenyut. Menjamurnya nite club dan kafe yang rata-rata beroperasi hingga dini hari, bisa kita pakai sebagai indikasi. Tercatat sekitar 20-an club malam yang beroperasi dengan menawarkan berbagai sajian berbeda. Bak hukum ekonomi soal supply and demand, kehadiran banyaknya nite club di Manado, terkesan hendak mengimbangi ‘permintaan’ komunitas penikmat hiburan malam itu sendiri. 
Apalagi banyak kawula muda Manado saat ini haus akan sajian sarana hiburan ‘lengkap’. Menyesalnya, masih tetap ada stigma bahwa mereka yang bergaul dalam kehidupan malam, pasti tak lepas dari sisi negatif. Seks bebas, narkoba, prostitusi atau apapun yang membuat pikiran orang terlanjur dikotori. Tapi mungkin bukan hal bijaksana bila kita kemudian membuat generalisasi di sana. Bahwa memang masih ada hal-hal negatif, memang harus diakui. Tetapi bahwa ada banyak orang yang tetap lurus dalam koridor dan memang hanya sekadar melepas kepenatan, tak bisa juga kita lupakan. 
Banyak juga komunitas berkecimpung di dunia malam masih memegang teguh norma yang berlaku. Tetapi di sinilah letak tantangan kehidupan malam, tetapi juga mereka yang coba bergelut di dalamnya. Menjadikan sesuatu lebih positif mungkin hal bijaksana. Tetapi bermimpi segalanya berjalan sempurna hanyalah sebauh angan-angan. Yang bijaksana adalah mencoba menempatkan sesuatu sesuai tempatnya, proporsional, tak berlebihan apalagi menyimpang. Anda setuju?(**)

 
  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin