HOME : FOOTBALL

Berita Hukum dan Kriminal 

31 March 2006

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Historika dan Tokoh
Bolamania Tribun
BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Selatan
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 

REDAKSI INFO.
About Us

 

KOMENTAR GROUP

(Football, Metro, Politix).

Terbit 40 Hal.  Color-BW 

Alamat ; Jl. Sam Ratulagi No.162 Manado  95111 Phone: (0431) 851030 (Hunting)  Fax (0431) 851031 (Redaksi), (0431) 850955 (Merketing)   

Lanjutan sidang praperadilan Bukara 
Dua Saksi Pihak Polda Berikan Keterangan Berbeda 

 

 IKUTI BERITA LAIN

Sidang Perdana Dugaan Kasus 1.146 HP 
Sidang 44 Paket Shabu dan 40 Pil Ekstasi Ditunda
Diduga lakukan pencemaran nama baik 
Wungouw Polisikan Tiga Warga Manado
Diduga mabuk di tempat umum 
Oknum Anggota Polisi Langsung Ditahan Propam
Ditemukan saat menggali lubang sampah 
Granat Aktif Peninggalan Jepang Gemparkan Laikit
Lintas Berita Hukrim

Setelah sebelumnya mendengarkan keterangan saksi dari pihak pemohon, Rabu (29/03), giliran dua saksi dari pihak termohon yang dihadirkan dalam lanjutan sidang praperadilan Stenly Yos Bukara SH terhadap pihak Polda Sulut, di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Kedua saksi tersebut adalah AKP Rony Loing SH dan Brigpol Hence Kaware.
Dalam kesaksian di depan Ha-kim Tunggal Ridwan S Dama-nik SH dengan Panitera Peng-ganti Iriany Sipayung SH, ter-nyata keduanya memberikan keterangan yang berbeda. Pa-dahal, keduanya mengaku sa-ma-sama melakukan penang-kapan terhadap pemohon yaitu Stenly Bukara dan penggele-dahan rumah.
AKP Rony Loing SH yang di-berikan kesempatan pertama bersaksi mengungkapkan, saat mendatangi rumah pemohon di bilangan Bethesda, samping Ho-tel Yuta, dirinya langsung me-nunjukkan tiga buah surat. Surat-surat tersebut adalah su-rat tugas, surat penangkapan, dan surat penggeledahan. Disebutnya, surat tugas dan penggeledahan ditunjukkan ke pemohon, sedangkan surat pe-nangkapan disodorkan ke istri dari pemohon yakni Yoan Jack-lin Oroh. Kemudian, saksi me-nentukan sendiri tempat yang akan digeledah. 
Yang digeledahnya saat itu ada-lah kamar tidur dan ruang kerja pemohon. Hasilnya tak ditemu-kan barang bukti. Selanjutnya pemohon di bawah ke Kantor Pol-da Sulut dan diinterogasi sekitar lima menit tanpa dibuat berkas. “Penangkapan dan penggele-dahan dilakukan Jumat 17 Ma-ret 2006 sekitar pukul 21.00 WITA. Namun berita acara nanti dibuat pada Senin 20 Maret 2006, sekitar pukul 08.00 WITA,” ujar Loing dalam kesaksiannya.
Lain halnya dengan kesaksian Brigpol Hence Kaware. Salah sa-tu penyidik Polda yang turun di lokasi pada malam itu menye-butkan kalau surat tugas, peng-geledahan dan penangkapan di-berikan semuanya kepada ke-luarga pemohon. Setelah dila-kukan penggeledahan, pemo-hon baru di bawah ke Kantor Polda Sulut sekitar lima sampai 10 menit dengan maksud hanya untuk jalan-jalan.
Mengenai penggeledahan mobil, Loing dan Kaware sama-sama menyebut kalau dilaku-kan tim penyidik lain. Diakui keduanya, pada malam terse-but, Kasat Ops V Reskrim Kom-pol Budi Hermawan, dan Direk-tur Reskrim Polda Sulut, Kombes Jhony H Hutauruk, turut menda-tangi rumah pemohon. 
Sementara itu, usai persida-ngan pemohon melalui Kuasa Hukum Hanny Leihitu SH, Ed-win Wilar SH, Dantje Mokoagow SH, Ferdy Wilar SH dan Rein-hard Mamalu SH, sepakat tidak akan mengajukan kesimpulan. Alasan mereka, kesimpulan su-dah tertuang pada gugatan per-mohonan dan replik. Hal yang sama juga dilakukan termohon melalui Kuasa Hukum Kompol Quintalani Mentang SH MH. Akhirnya, Hakim Tunggal Rid-wan S Damanik SH menunda persidangan tersebut sampai Selasa pekan depan dengan agenda putusan.(vcq) 

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin