CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Historika dan Tokoh
Bolamania Tribun

BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

Berita Minahasa Tenggara 

10 Desember 2007

JJM (Memang) Putra Asli Mitra

 

 IKUTI BERITA LAIN

Keluarga Asal Mitra Wakili Sulut di Pentas KB Lestari Nasional
Natal Jadi Ajang Sosialisasi Kandidat Pilkada

RATAHAN-Warga Mitra harus-nya berbangga dengan kiprah putra-putri terbaiknya. Pasalnya, daerah ini kaya dengan figur potensial yang banyak berkiprah di luar daerah. Salah satu yang layak disebut adalah Jeffrey Jo-hanes Massie (JJM), yang saat ini tercatat sebagai anggota Ko-misi I DPR RI. 
JJM ternyata memang putra asli Mitra, karena opa dan oma-nya adalah warga Ratahan, yang juga merupakan tokoh masyarakat Ratahan yang di-hormati di masanya. 
Penelusuran harian ini mem-buktikan bahwa garis keturunan atau silsilah keluarga JJM ada di Ratahan. JJM merupakan ci-cit dari Oxford Pelengkahu Wa-woroentoe dan Sophie H La-pian. Sophie Lapian ini sendiri merupakan bidan satu-satunya yang ada di Ratahan pada ja-man itu. Selain itu, Sophie La-pian merupakan kakak kan-dung dari pahlawan nasional, BW Lapian. 
Dengan begitu, JJM juga masih memiliki hubungan darah keturunan dengan pahlawan nasional. Tak heran bila JJM akrab dengan keluarga Lapian baik yang ada di Jakarta maupun di Sulut. 
Bagi orang-orang tua yang ada di Ratahan dan sekitarnya, pasti mengenal persis dengan Opa Oxford Pelengkahu Waworoen-toe atau sering disebut Opa Pe-leng. Beliau dikenal merupakan pekerja keras yang mengantar-nya menjadi juragan kelapa. Opa Peleng ini juga adalah juragan ta-nah di Kecamatan Ratahan hing-ga sebagian Kecamatan Belang. 
Sukses ini kemudian diwariskan turun-temurun. Salah satu anak dari keluarga Waworoentoe-La-pian, yakni Corry Waworoentoe yang kemudian menikah dengan Yantje Massie. Keluarga Massie-Waworoentoe ini kemudian di-anugerahi seorang putri, yakni Ansye Massie. Setelah dewasa, Ansye Massie kemudian meni-kah dengan salah seorang peng-usaha sukses, Sofyan. 
Dari dari pernikahan inilah lahir anak tercinta yang kini dikenal orang dengan nama Jeffrey Jo-hanes Massie atau saat ini lebih populer dengan singkatan JJM. 
Dari cerita Leonora Kaleng-Punusingon, salah seorang tua-tua Ratahan, yang juga adalah sahabat dekat Ansye Massie, Keluarga Waworoentoe ini da-hulunya tinggal dan menetap di Tosuraya Ratahan. Mereka adalah Butje Waworoentoe, Tanny Waworoentoe dan Corry Waworoentoe, ibunda Ansye.
Punusingon kemudian men-ceritakan, marga Wawoeroen-toe dahulunya berasal dari La-ngowan, namun ibu dari Opa Peleng Wawoeroentoe ini ada-lah putri asli Ratahan dengan nama Louise E Sahelangi. Se-dangkan ayahnya adalah Yo-han L Zagharias Waworoentoe.
Senada dikatakan Ibu Sientje Ruata, yang juga adalah tua-tua di Ratahan. Ia bahkan memberi kesimpulan bahwa marga Sa-helangi, Waworoentoe, dan La-pian yang merupakan leluhur dari JJM, adalah warga Rata-han. “Makanya tempat peristira-hatan terakhir dari kakek, ne-nek, opa, oma dan keluarga JJM berada di Tosuraya, tepatnya di perbatasan Lowu dan Tosura-ya,” ungkap Ruata.(dax)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin