HOME : FOOTBALL

Berita Kota Manado dan Sekitarnya 

26 January 2007

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Historika dan Tokoh
Bolamania Tribun

BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Selatan
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 

REDAKSI INFO.
About Us

KOMENTAR GROUP

(Football, Metro, Politix).

Terbit 40 Hal.  Color-BW 

Alamat ; Jl. Sam Ratulagi No.162 Manado  95111 Phone: (0431) 851030 (Hunting)  Fax (0431) 851031 (Redaksi), (0431) 850955 (Merketing) 

  

Bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi 
Mendagri Cabut Enam Perda Kota Manado 

 

 IKUTI BERITA LAIN

Butuh tambahan 64 tenaga pendidik
Kecamatan Bunaken Krisis Guru

Kondisi Manado Masih Jauh dari Standar Nilai Adipura

Belum respon LHP Banwas terhadap pejabat di Diknas 
Pertahankan pejabat Bermasalah, Baperjakat Dinilai Lambat

Kriteria Ketua DPC harus mampu menyediakan sekretariat
Muscab PD Manado Digelar Februari

Bunaken Menuju Kecamatan Wisata

Lintas Berita Kota

Enam produk hukum yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado berupa Peraturan Daerah (Perda), dicabut Pemerintah Pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Penyebab dicabutnya enam Perda tersebut antara lain karena dinilai bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. Produk hukum ini dibuat oleh pemerintah sebelumnya, yakni dalam selang waktu 2001 dan 2002. 
Berdasarkan data yang diperoleh dari Bagian Hukum Pemkot Manado, enam Perda yang dicabut Mendagri adalah masing-masing adalah Perda Nomor 5 Tahun 2001 tentang Retribusi Izin Pemasukan dan Peredaran Minuman Keras Dalam Kota, Perda Nomor 9 Tahun 2002 tentang Pajak Undian, dan Perda Nomor 10 Tahun 2002 tentang Retribusi Penanganan dan Pengawasan serta Pembinaan Agribisnis. 
Kemudian Perda Nomor 12 Tahun 2002 tentang Retribusi Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Perda Nomor 14 Tahun 2002 tentang Retribusi Pelayanan dan Pembinaan Koperasi dan Pengusaha Kecil Menengah di Manado, dan Perda Nomor 16 Tahun 2002 tentang Retribusi Pelayanan dan Perlindungan Hubungan Kerja Tenaga Kerja. 
Kepala Bagian Hukum Pemkot Manado, Julesis Oehlers SH menjelaskan, selain alasan bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi, pencabutan enam Perda ini juga disebabkan karena dalam penarikan retriusi, tidak ada jasa yang diberikan Pemkot. “Padahal sejatinya, retribusi bisa ditarik kalau ada jasa yang diberikan Pemkot,” ujarnya. 
Lebih lanjut dijelaskan Oehlers, khusus untuk Perda Nomor 5 Tahun 2001, tentang Retribusi Izin Pemasukan dan Peredaran Minuman Keras Dalam Kota, Pemkot sebenarnya melakukan perlawanan dengan mengajukan Judicial Review ke Mahkamah Agung (MA). “Namun oleh MA kita dinyatakan kalah, dan karenanya diperintahkan untuk mengikuti instruksi Mendagri mencabut Perda tersebut,” pungkasnya.(ftj)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin