HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Politik dan Pemerintahan

28 April 2008

Usia Pensiun Pejabat Eselon II Diperpanjang


Meski dalam Peraturan Peme-rintah (PP) No 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian PNS menyebutkan, batas masa pen-siun bagi abdi negara ini adalah 56 tahun, namun hal ini tidak berlaku bagi pejabat eselon II. Pejabat eselon II, khususnya yang ada di lingkup Pemprop Sulut, sesuai dengan ketentuan yang berlaku adalah 58 tahun, tapi sesuai SK Gubernur dapat diperpanjang hingga 60 tahun. 
Menurut Kepala Badan Kepe-gawaian Daerah (BKD) Pem-prop Sulut, Jeffry Korengkeng SH, sampai sejauh ini belum ada aturan yang menetapkan bahwa masa pensiun pejabat eselon II, (kepala dinas, wakil kepala dinas maupun kepala biro), tidak diperpanjang. Be-gitu pun seiring dengan feno-mena penerapan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Ta-hun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, juga belum mengatur tentang batasan masa usia pensiun tersebut. 
“Untuk batasan masa pensiun bagi pejabat eselon II, belum ada kebijakan yang menetap-kan harus 56 tahun. Demikian dalam PP 41 tahun 2007 pe-ngaturannya juga belum begitu jelas. Jadi kita tunggu saja, ke-bijakan selanjutnya,” tegasnya kepada Komentar, Minggu (27/04) kemarin.
Sejauh ini berdasarkan infor-masi yang ada, untuk pejabat eselon II di lingkup pemprop, terdapat sekitar 17 orang yang berumur antara 56 dan 57 tahun. Dengan demikian, se-suai dengan aturan yang ber-laku, keberadaan mereka tetap dapat dipertahankan. 
Hanya saja menurut sumber resmi yang enggan disebutkan namanya mengatakan, hal ini ada dua dampak. Dengan umur yang matang, maka pengalam-an akan lebih diandalkan, se-mentara dari sisi lain dapat membunuh potensi para biro-krat muda untuk menunjukkan kemampuannya. “Yah, ini dile-ma, meski aturan harus me-netapkan PNS pensiun di usia 56 tahun, tapi jika potensi pe-jabat yang bersangkutan masih dibutuhkan, maka jabatan dapat diperpanjang,” tukasnya.
Di sisi lain, Korengkeng me-nambahkan bahwa perpanja-ngan usia pensiun itu, dilatar-belakangi sejumlah pertimba-ngan. “Batas usia pensiun PNS selama ini, hanya 56 tahun, tetapi untuk eselon II adalah 58 tahun, dan dengan pertimba-ngan tertentu bisa diperpanjang hingga 60 tahun,” ujarnya.
Jika nantinya ada kebijakan yang menetapkan bahwa batas usia pensiun bagi pejabat ese-lon II adalah 56, dan tak dapat diperpanjang, hal ini tentunya akan menjadi pukulan bagi ka-langan PNS. “Dengan adanya perubahan ini, pastinya akan sangat memberatkan Namun, kalau itu yang menjadi aturan-nya, maka mau tidak mau harus diterima dan dilaksanakan,” katanya menambahkan.(eda)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin