HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Head Lines News

30 Juni 2008

Pilkada Sitaro tanpa ‘perhitungan cepat’
Petugas Quick Count Dihadang Massa di Siau


Hasil perhitungan cepat (quick count) dipastikan tidak akan ada di Pilkada Sitaro, Senin (30/06). Pasal-nya, 136 petugas quick count dari LSI-JIP (Lembaga Sur-vey Indonesia-Jaringan Isu Publik), dihadang sekelom-pok massa di Siau, Sabtu (28/06) dini (pukul 02.30 WITA) hari lalu. 

Informasi yang diperoleh kemarin (29/06) menyebut-kan, ratusan relawan LSI-JIP yang menumpang kapal ‘Margareth’ tak diizinkan turun oleh massa tersebut, saat merapat di Pelabuhan Ulu, Siau. Aksi tak terpuji itu disertai sweeping KTP.
“Kami kan lembaga indepen-den. Kami sempat kaget terjadi sweeping KTP oleh puluhan orang yang sudah naik lang-sung ke kapal, serta melarang kami untuk turun,” ujar salah seorang anggota LSI yang mengaku bernama Akbar. 
Menurut Akbar, tim mereka terbagi dalam dua kelompok, di mana sekitar 40-an orang bertugas di Tagulandang dan sisanya bertugas di Siau. “Kalau teman-teman yang tu-run di Tagulandang tak meng-alami hal seperti ini, hanya kami yang di Siau,” akunya dengan wajah yang masih tegang. 
Menariknya, aksi massa tersebut sempat salah sasar-an. Salah seorang peserta seminar dari BPS Sulut yang bernama Rivan Pratama, ikut kena sweeping saat sedang mencari rokok. Untunglah aksi ini tak berujung fatal, karena pihak kepolisian yang bertugas langsung mengambil tindakan dengan menempat-kan para anggota LSI-JIP ter-sebut di mobil Dalmas, sambil menunggu kapal penumpang yang akan menuju Manado. 
Pada siang hari itu juga, seluruh petugas quick count, langsung dipulangkan ke Manado dengan menumpang Kapal Bahari Ekspres. Asisten Koordinator LSI Christina Paotonan ketika dikonfirmasi, sangat menyesalkan dengan tindakan massa tersebut. “Kami sangat menyesal atas tindakan penyanderaan ini. Karena itu, hasil quick count kami di Sitaro, terpaksa tidak ada,” ujarnya.
Sementara itu, Kapolres Sangihe, AKBP Dodi Zulkar-naen saat dikonfirmasi mem-bantah telah terjadi penyan-deraan. “Tak ada penyande-raan yang dilakukan, itu hanya kumpulan massa yang berkumpul di pelabuhan. Jadi tidak ada penyanderaan,” te-pis Zulkarnaen. Disentil ter-kait pendukung yang disinya-lir oknum massa PDIP, pi-haknya belum bisa memasti-kannya, karena sampai seka-rang ini masih didalami. 
Sedangkan Calon Bupati Tonny Supit SE saat dikon-firmasi, belum bisa memberi-kan tanggapan. Saat dihu-bungi berulang kali, meski hp-nya aktif, namun tak ada balasan. Secara terpisah, He-rianto selaku area koordinator dan Syamsul Alam sebagai supervisi penghitungan cepat hasil pilkada saat jumpa pers Sabtu (28/06) lalu, menya-takan tidak akan ada quick count di Pilkada Sitaro. 
“Kami dari lembaga Jari-ngan Isu Publik bekerja sama dengan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) menyatakan pembatalan kegiatan quick count hasil Pilkada Sitaro dengan alasan, kondisi ke-amanan yang sudah tidak kondusif lagi, serta penolak-an dan intimidasi dari kubu PDIP terhadap relawan quick count. Selain itu, atas saran dan masukan dari aparat keamanan setempat untuk mencegah terjadinya konflik yang lebih besar dan meluas,” ujar keduanya kepada sejum-lah wartawan.
PENCOBLOSAN 
Jika tidak ada aral melin-tang, Senin (30/06) ini, warga Sitaro akan memilih bupati dan wakil bupati definitif. Menurut data yang ada, jumlah pemilih mencapai 48.096 jiwa yang akan ter-sebar di 10 kecamatan de-ngan jumlah 136 TPS. 
Dari informasi yang diper-oleh koran ini, pasangan Gol-kar (Matimade) akan men-coblos di Siau. Martinus Manoi SH akan mencoblos di Siau Barat, atau tepatnya di Desa Ondong yang merupa-kan domisili mantan Kajati Sulut ini. Sedangkan wakil-nya, Denny Tindas, akan melakukan pencoblosan di Siau Timur atau tepatnya di Kampung Akesembeka. 
Lain halnya dengan pasa-ngan Sukur, di mana Tonny Supit mencoblos di Siau Ti-mur (Kampung Bahu), se-dangkan Piet Hein Kuera, se-suai dengan asalnya yakni di Desa Bebali, Kecamatan Siau Tengah. Sedangkan untuk Pj Bupati Sitaro Drs Idrus Mo-kodompit, akan melakukan pencoblosan di Kelurahan Tarorane. “Karena sesuai de-ngan lokasi domisili di Taro-rane, maka pak bupati akan melakukan pencoblosan di Kelurahan Tarorane,” tandas Kabag Humas Pemkab Sitaro, Drs Denny Kondoj. (sal/mon/)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin