CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Otonomi dan Suksesi
Bolamania Tribun

BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 

REDAKSI INFO.
About Us

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

  

Berita Otonomi dan Suksesi 

07 Oktober 2008

Panwas janji lakukan investigasi
KPU Manado Langgar UU 

 

 IKUTI BERITA LAIN

LPPD 13 Kabupaten/Kota Segera Dievaluasi

Manado, KOMENTAR 
Sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado yang lambat mempublikasikan Daftar Calon Sementara (DCS), dinilai merupakan bentuk pelanggaran terhadap UU Pemilu Nomor 10 tahun 2008, serta Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2008. 

Pengamat Hukum dan Politik, Toar Palilingan SH mengatakan, dalam peraturan KPU Nomor 20/2008 tentang Tahapan Pro-gram dan Jadwal Pemilu menga-tur pengumuman DCS dilaksa-nakan 26 September hingga 9 Oktober 2008. Sementara pada Pasal 61 ayat 4 menyebut DCS diumumkan oleh KPU selama 5 (lima) hari. Dan Pasal 61 ayat 5 menyatakan, masukan dan tanggapan dari masyarakat di-sampaikan kepada KPU paling lama 10 (sepuluh) hari sejak DCS diumumkan. 
“Dengan lambatnya KPU Ma-nado mengumumkan DCS, ma-ka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan sebagaimana di-jamin oleh UU, menjadi berku-rang waktunya. Ini berarti KPU Manado sudah melanggar UU,” tukasnya, Senin (06/10) . 
Karena itu, menurut Palili-ngan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) harus menegur KPU Manado, dan bahkan mela-kukan investigasi mengapa hal ini bisa terjadi. “Masyarakat te-rus bertanya-tanya kenapa hal ini terjadi, ada apa di balik ini semua,” tandasnya. “Dan kare-na Panwaslu Manado belum di-lantik, maka Panwaslu Propinsi yang harusnya bertindak,” im-buhnya lagi.
Respons positif diberikan Pan-waslu Sulut. Ketua Panwaslu, Tommy Sumakul SH MH senada mengatakan bahwa KPU Manado jelas-jelas melanggar UU. “Masa sanggah masyarakat yang harus-nya berdurasi 10 hari, telah dipo-tong dengan sikap KPU Manado yang lambat mengumumkan DCS,” ungkapnya, terpisah. 
Sumakul pun menegaskan, pihaknya akan melakukan in-vestigasi, dan sebagai tahap awal akan melayangkan surat resmi ke KPU Manado, tembusan KPU Sulut dan KPU Pusat, memper-tanyakan alasan lambatnya peng-umuman DCS. “Ini agenda na-sional yang harus berjalan seren-tak. Jangan hanya karena ada kepentingan tertentu, kemu-dian mengorbankan kepentingan yang lebih besar,” tandasnya.
Sementara itu, salah seorang anggota KPU Manado, Lucky Senduk mengatakan, salah satu alasan keterlambatan yakni pro-ses penandatanganan formulir DCS oleh partai politik. “Sebe-narnya kesempatan sudah kita berikan sejak Jumat lalu, na-mun ada beberapa kendala se-hingga sedikit terhambat. Na-mun saar ini (tadi malam, red) kita sementara melakukan pleno dan DCS akan segera kita umumkan,” pungkasnya.(ftj)
 

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin