HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Head Lines News

03 September 2008

Warga Kawanua AS Mengungsi 


New Orleans, KOMENTAR
Warga Indonesia termasuk di dalamnya sejumlah warga kawanua di New Orleans, Ame-rika Serikat, dipastikan sudah mengungsi. Meski disediakan tempat penampungan, mere-ka memilih mengungsi ke tempat keluarga. “Informasi terakhir yang saya terima, WNI semuanya sudah meninggal-
kan New Orleans. Mereka mengungsi ke tempat keluarga,” ungkap Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah. 
Menurut pria yang akrab disapa Faiz ini, pihak KJRI di Houston sebenarnya sudah me-nyediakan tempat penampu-ngan bagi WNI yang ingin mengungsi. Kantor, wisma dan rumah para staf KJRI di Houston sudah disiapkan. Selain itu, pihak pemerintah AS juga te-lah menyediakan kamp-kamp penampungan. “Namun rupa-nya warga kita lebih condong untuk mengungsi ke tempat keluarga,” terang Faiz.
Faiz mengakui, jarak KJRI di Houston dengan New Orleans memang cukup jauh, sekitar 500 mil. “Kira-kira Jakarta-Sema-ranglah,” jelasnya. Faktor jarak itulah, menurut Faiz, yang ba-rangkali menjadi penyebab para WNI tidak mau menggunakan KJRI sebagai tempat mengungsi. “Mereka lebih memilih tempat-tempat terdekat seperti Negara Bagian Oklahoma, North Caro-lina, dan Tennessee,” terangnya.
Faiz mengatakan, dari sekitar 100 lebih WNI yang tinggal di New Orleans, tidak ada satu pun yang terluka. Sebelum badai datang pihak Pemerintah AS me-mang sudah menginstruksikan kepada seluruh warga New Or-leans untuk mengungsi. “Peme-rintah AS tampaknya lebih siap dibanding ketika menghadapi badai Katrina,” jelas Faiz.(dtc)  

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin