CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Historika dan Tokoh
Bolamania Tribun

BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

   

 
Berita Ekonomi dan Bisnis  

03 September 2008

Stok semen masih kosong 
Silo PT Tonasa Kembali Beroperasi

 IKUTI BERITA LAIN

Harga BBM Industri Turun 10,71 Persen

Harga Kopra Lampaui Harga Cabe 

NTP Sulut Bulan Juli 2008 Mengembirakan 

Peredaran Gula Rafinasi Legal

 
Manado, KOMENTAR
Setelah beberapa hari, silo PT Tonasa di Bitung, tak beroperasi akibat terjadi kerusakan mesin, Selasa (02/09) kembali beroperasi seperti biasa, dengan kapasitas produksi yang belum maksimal.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Gemmy Kawatu SE MSi melalui Kasubdin PDN, Janny Rembet SE mengatakan silo semen PT Tonasa di Bitung sudah kembali normal beroperasi namun belum bisa secara maksimal karena salah satu mesin di pabrik tersebut belum bisa dipaksakan. 
Namun setidaknya dengan beroperasinya Silo PT Tonasa stok semen yang ada dibeberapa daerah yang kosong, akan bisa terisi kembali sesuai kebutuhan masing-masing daerah. “Artinya stok semen dibeberapa daerah Kabupaten/ Kota telah disalurkan oleh PT Tonasa, supaya kebutuhan warga akan semen bisa terpenuhi pada minggu berjalan ini,” ujarnya.
Seperti diketahui akibat rusaknya mesin packing di Silo PT Tonasa di Bitung, sejumlah wilayah Kabupaten dan Kota di Sulut sempat kehabisan stok semen, sehingga harga semen dibeberapa daerah sempat menembus harga tertinggi Rp 70 ribu persak dari harga normal Rp 50 ribu persaknya. “ Disperindag telah memerintahkan seluruh jajarannya yang ada disetiap Kabupaten serta Kota agar memantau perkembangan harga setelah stok semen di salurkan,” tambah Rembet 
Sementara untuk memenuhi kebutuhan semen selama terjadi kerusakan lalu, PT Tonasa telah meminta bantuan pasokan semen dari Sulawesi Selatan sebanyak 550 ton per minggu. Sedangkan untuk menormalkan penyaluran PT Tonasa akan menambah lagi penyaluran pada bulan September ini sebesar 14 ribu ton semen, sedangkan PT Tiga Roda berjanji akan memasok 2200 ton semen, dengan total keseluruhan bisa mencapai 37 hingga 38 ribu ton semen. “Artinya kebutuhan semen Sulut mengalami surplus pada bulan berikutnya,” jelas Rembet.(wel) 

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin